-->

Keutamaan sholat

Keutamaan sholat
Keutamaan sholat




Muqoddimah
Fadhilah shalat ini merupakan sebuah risalah kumpulan dari beberapa hadits yang memberitakan tentang keutamaan shalat, ancaman meninggalkan shalat, keutamaan shalat berjamaah dan ancaman meninggalkan shalat berjamaah (bagi laki-laki).

Risalah ini merupakan sesuatu yang sangat penting mengingat sebagian besar umat muslim sangat sibuk dengan aktifitas hariannya sampai-sampai melalaikan atau bahkan tidak mengerjakan shalat sama sekali dengan berbagai dalih alasan. 

Astaghfirullah. Padahal Allah melalui Nabi-NYA yang mulia, Muhammad SAW telah mengabarkan akan berbagai azab yang sangat amat pedih bagi siapapun yang lalai / meninggalkan shalat dan sebaliknya, kenikmatan dan surga yang dijanjikan bagi siapapun yang taat dan senantiasa menjaga shalat wajib tepat waktu ditempat adzan dikumandangkan.

Lalu adilkah kita ?? mari kita ambil sebuah perumpamaan
Sebagai contoh di kehidupan dunia..

- Kenapa orang pada berbondong-bondong untuk melamar sebuah pekerjaan BUMN / PNS atau pekerjaan lain dan berusaha sekuat tenaga dengan belajar dan try out untuk bisa lulus disana ?? 
Secara akal sehat, jawabnya adalah.. Karena mereka tahu, dengan pekerjaan tersebut mereka akan bisa menafkahi hidup mereka di dunia sehingga di masa tua tidak akan merasa sempit ataupun susah karena akan mendapat tunjangan dana pensiun.

- Lalu, bagaimana jika kita malas mencari kerja ?? pastinya sebagian akan menjawab, Masa depan tidak akan terjamin atau malah bisa jatuh miskin.

- Mengapa bekerja harus ke kantor (pada tempatnya) ?? 
Secara logis, jawabannya karena itu sudah merupakan sebuah kewajiban dari atasan, gak bisa semena-mena karena kita bekerja pada perusahaannya, nanti bisa dipecat dan setelah dipecat malah jatuh sengsara...
Perumpamaan diatas juga dapat kita setarakan dengan kewajiban kita akan shalat..

- Kenapa orang berbondong-bondong untuk melakukan shalat ??
 Jawabnya karena mereka tahu akan keutamaanya, keutamaan sholat 5 waktu yang dikerjakan secara berjamaah di tempat adzan dikumandangkan.. 
dan tahu bagaimana Janji ALLAH kepada para mereka yang senantiasa menjaganya dan mereka yakin InsyaALLAH kehidupan mereka baik di dunia maupun akhirat akan lebih bahagia.

- Lalu bagaimana jika kita malas sholat ?? 
orang yang mengerti tahu jawabannya, bahwa dengan malas sholat, masa depan kehidupan di Akhirat tidak akan terjamin dan malah akan mendapat adzab yang keras (Baca hadits ancaman meninggalkan sholat)

- Mengapa sholat harus ke masjid (Bagi pria) ?? 
Orang yang mengetahui fadhilah keutamaan berjamaah juga akan tahu jawabnya.. 
Karena itulah yang dicontohkan oleh baginda Muhammad SAW, beliau senantiasa menjaga sholat berjamaah hingga beliau meninggal dunia dan beliau juga memberikan semangat kepada para sahabat dan pengikutnya untuk selalu menjaga sholat berjamaah melalui hadits-hadits pahala sholat berjamaah. 

(Apakah kita mengetahui hadits-hadits tesebut ???)

Lihat lah diri kita,, bagaimana kita berusaha sekeras mungkin dengan kehidupan dunia (pekerjaan kita), bagaimana kita berusaha agar tidak telat masuk sekolah, tidak telat masuk kantor karena Bel sudah berbunyi agar atasan atau guru tidak memberikan hukuman / memarahi diri kita ... 
Namun kita tidak pernah takut kepada ALLAH, Raja segala Raja atas sholat kita yang telat dengan alasan yang tidak Syar'i padahal muadzin telah memanggil lewat adzannya... Lalu apa alasan kita?? 
Alasan apa yang akan kita berikan kelak dihadapan ALLAH swt di Yaumil Hisab padahal sholat merupakan amalan yang akan pertama kali dihisab ??? 
Apakah kita sudah berusaha sekuat tenaga kita didunia dengan beramal dan sholat untuk memperjuangkan tempat yang layak (surga)nya ALLAH ??

Mari.. kita memperbaiki diri, selagi nafas masih diberikan gratis oleh ALLAH dan pintu taubat belum tertutup..
Maka dari itu saudara-saudariku yang kucintai, betapa pentingnya kita mengetahui keutamaan dan ancaman meninggalkan sholat agar dalam hati kita muncul rasa takut untuk meninggalkan sholat sekaligus gairah untuk senantiasa shalat tepat waktu.
Tujuannya pembuatan artikel fadhilah sholat ini yaitu..
Dari yang malas sholat .. jadi bergairah sholat ..

Dari yang sholatnya tidak tepat waktu .. jadi sholat tepat waktu..

Dari yang sholat 5 waktu masih sendirian dirumah .. 

Jadi orang yang senantiasa memakmurkan masjid ALLAH 5x sehari..

Semoga artikel ini bermanfaat dan Insya ALLAH setelah membacanya, kita akan lebih memperhatikan sholat kita dan kita akan berusaha untuk senantiasa memakmurkan masjid-NYA.


Keutamaan sholat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown