-->

Ancaman meninggalkan sholat Hadits 1

Ancaman meninggalkan sholat



Hadits 1
Dari Jabir bin Abdillah r.a., Rasulullah saw. bersabda,
“Penghubung antara seseorang dengan kekufuran adalah meninggalkan shalat.” (Ahmad, Muslim). 
Dan sabda beliau lainnya, “Penghubung antara seseorang dengan kekufuran dan syirik adalah meninggalkan shalat.” (Abu Dawud, Nasa’i), dengan lafazh; “Tidak ada pembeda antara seorang hamba dengan kekufuran kecuali meninggalkan shalat.” Sedangkan lafazh Tirmidzi, “Di antara kekufuran dan keimanan adalah meninggalkan shalat.” Dan lafazh Ibnu Majah menyebutkan, “Pembeda antara seorang hamba dengan kekufuran adalah meninggalkan shalat.” (Demikian disebutkan dalam At-Targhib, dari Al-Mundziry, dan berkata Imam Suyuthi rah.a. dalam Durrul-Mantsur hadits dari Jabir dan yang lainnya.

Ancaman meninggalkan sholat Hadits 1
Masih banyak hadits lainnya mengenai hal ini. Sabda Nabi saw., “Bersegeralah shalat ketika hari mendung. 
Barangsiapa meninggalkan shalat dapat menjadi kufur.” Maksudnya, jangan sampai karena cuaca mendung membuat kita tidak mengetahui waktu shalat yang tepat, sehingga shalat terlewatkan. Meskipun dapat mengqadhanya, hal itu termasuk meninggalkan shalat.

Betapa keras sabda Nabi saw., sehingga beliau berfatwa bahwa orang yang meninggalkan shalat jatuh dalam kekufuran. 
Meskipun sebagian ulama berpendapat bahwa hukum kufur dijatuhkan kepada orang yang mengingkari shalat, bagaimanapun juga ancaman ini sangat keras. 
Oleh sebab itu, barangsiapa di hatinya terdapat keagungan Nabi saw. 
dan sabda-sabdanya, maka peringatan ini sudah sangat keras baginya. 
Selain sabda Nabi saw. tersebut di atas, para sahabat besar seperti Umar, Ibnu Mas’ud, Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhum dan yang lain juga berpendapat bahwa orang yang meninggalkan shalat tanpa udzur berarti telah kafir. 

Demikian pula pendapat Ahmad bin Hanbal, Ishaq bin Rahawaih, dan Ibnu Mubarak rah.a.. Semoga Allah menjaga kita dari perbuatan tersebut.



Ancaman meninggalkan sholat Hadits 1 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown